Jenis Tanaman Hias yang Populer di Tahun 2020

Di Indonesia terdapat ribuan jenis tanaman hias yang beredar di pasaran. Dari sekian banyak tanaman tersebut ada 9 jenis yang sedang populer menyebabkan mereka menjadi tanaman hias termahal di 2020. Tanaman hias merupakan salah satu komoditas yang paling di minati di tahun ini. Apalagi dengan adanya pandemi corona yang menyerang seluruh dunia. Menyebabkan masyarakat mencari hiburan yang ada di dalam rumah. Salah satunya adalah dengan memelihara tanaman hias.

Tanaman hias ini selain dapat membuat kita menghabiskan waktu luang dengan bermanfaat juga dapat membuat suasana rumah kita menjadi lebih asri. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan saat ini sangat mudah untuk membeli berbagai jenis tanaman hias tanppa perlu kerumah. Anda hanya perlu membuka handphone anda lalu menghubi para penjual tanaman hias yang banyak berjualan entah itu di sosial media, marketplace ataupun website toko online mereka. Sehingga menjadi wajar jika sekarang banyak rumah-rumah sederhana yang dihalaman rumahnya dihiasi oleh berbagai tanaman hias yang indah. Bahkan anak kos pun tidak mau ketinggialan, banyak anak kos yang memelihara tanaman hias yang ditaruh di depan rumahnya atau di teras.

Setiap tahun tren tanaman hias mengalami perubahan, contohnya saja tahun 2010an anggrek begitu mendunia, tetapi sekarang kalah bersaing dengan tanaman Aglaonema. Sehingga tidak salahnya untuk mengetahui informasi mengenai tanaman hias apa saja yang sedang populer di tahun 2020 ini. Berikut akan saya rangkum beberapa jenis tanaman hias terpopuler di tahun 2020 :

1. Maranta Red Prayer Plant
Jenis tanaman hias ini mulai populer di awal tahun 2019. Di tahun 2020 ini, maranta menjadi salah tanaman hias paling banyak dicari dikarenakan keunikannya. Ia memiliki daun yang berwarna hijau tua dan urat daun yang berwarna merah sehingga terlihat sangat eksotis. Apalagi di bagian tengah daunnya terdapat garis bermotif berwarna hijau muda yang makin memperindah tampilan tanaman hias daun satu ini. Tanaman ini di daerah tropis seperti indonesia cocoknya ditaruh di dalam ruangan atau di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Bunga Euphorbia
Tanaman hias ini telah populer sejak lama, ia memiliki banyak varietas dengan warna bunga yang berbeda-beda. Tanaman ini harganya melambung tinggi di tahun 2020 untuk varietas yang memiliki bunga berwarna biru. Banyak para penghobi tanaman yang berbodong-bondong membeli varietas tersebut. Euphorbia merupakan sebuah tanaman yang berasal dari padang pasir, hal itulah yang membuatnya memiliki batang yang mirip seperti kaktus. Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat menarik dan mudah dirawat, sehingga sangat cocok bagi anda yang merupakan eksekutif muda yang tidak banyak memiliki waktu luang untuk mengurusi tanaman anda.

3. Crocodile Fern
Mungkin belum banyak dari anda yang mendengar nama tanaman ini, ia merupakan salah satu jenis tanaman pakis yang sedang diburu oleh para kolektor tanaman. Ia memiliki daun yang panjang dan berkelombang sehingga mirip seperti buaya. Daunnya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman ini mengakibatkan banyak orang ingin memilikinya.

4. Hoya Carnosa
Tanaman ini berasal dari Asia Timur, tepatnya negeri Sakura. Di Indonesia tanaman ini baru mulai populer pada tahun 2020, tetapi tanaman hoya ini telah puluhan tahun banyak dipelihara di negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Korea dan Cina. Ia dianggap tanaman yang melabangkan kasih sayang, hal itu dikarenakan ia memiliki bentuk daun yang mirip seperti lambang cinta. Daunnya ini memiliki tekstur yang kenyal dan mengkilap sehingga banyak orang yang mengiranya tanaman hias plastik.

5. Anthurium
Tanaman hias ini telah populer sejak lama, ia hingga sekarang menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki harga paling mahal. Salah satu daya tarik Anthurium adalah ada daunnya yang lebar dan besar. Hal itulah yang mengakibatkan orang merasa lebih sejuk saat melihat tanaman ini. Tanaman ini sangat cocok di tanam di pot berukuran besar yang ditaruh berjejer didepan rumah anda. Hal itu akan memberikan kesan rumah anda semakin asri dan sejuk karena akan banyak polusi udara yang diserap oleh tanaman ini.

6. Anggrek Mutiara Hitam
Meski daya tarik bunga anggrek sedikit berkurang daripada tahun-tahun sebelumnya tetapi ada beberapa varietas yang masih populer. Salah satunya adalah anggrek mutiara hitam yang dianggap menjadi salah satu jenis tanaman hias anggrek terbaik. Orang barat mengenal tanaman ini dengan sebutan Black jewel orchid. Hal itu dikarenakan ia dianggap memiliki keindahan yang setara dengan perhiasan mewah. Pasalnya, anggrek mutiara hitam memiliki bentuk bunga yang sangat indah. Apalagi perawatannya sangat mudah tidak seperti jenis anggrek lain.

7. Monstera
Tanaman ini terbilang sangat unik, hal itu dikarenakan ia memiliki daun yang banyak bolongnya secara alami. Hal itulah yang menyebabkan orang sunda menyebutnya dengan nama janda bolong. Karena karakteristik daunnya yang unik ini menyebabkan tanaman ini banyak peminatnya. Saya sendiri menanam beberapa pohon Monstera di pekarangan rumah saya dan menurut tetangga dengan hadirnya tanaman ini memberikan nuansa eksotik.

8. Begonia
Tanaman ini merupakan salah satu spesies tanaman yang masuk kedalam famili Begoniaceae. Sebenarnya dibandingkan tahun 2019, kepopuleran begonia cenderung menurun. Walau begitu ada satu spesies yang masih banyak dicari oleh para kolektor dari dalam maupun luar negeri. Begonia manuselaensis namanya, ia merupakan salah satu tanaman endemik yang hanya ada di Pulau Seram.

9. Philodendron Micans
Philodendron banyak disukai orang karena memiliki bentuk daun yang indah. Selain itu, tanaman ini memiliki fungsi sebagai pembersih udara sehingga akan memberikan kesejukan udara di lingkungan sekitarnya. Karena fungsinya yang dapat membersihkan udara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah menyarankan agar masyarakat menanam tanaman ini. Hal itu dilakukan agar udara yang ada di seluruh Jakarta menjadi lebih bersih.

Leave a Reply