Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Batuk

penyebab kucing batukBeberapa hal dapat menjadi penyebab kucing batuk, salah satunya adalah dikarenakan ia sedang flu. Flu kucing juga disebabkan oleh serangan virus dan bahkan menurut beberapa ahli biologi manusia dapat menularankan virus flunya ke kucing. Beberapa penyakit memang dapat ditularkan dari manusia ke hewan peliharaannya, termasuk kucing.

Bahkan penyakit Corona yang sedang menjadi masalah global sekarang ini juga dapat ditularkan ke kucing. Hal ini bukan hanya sebuah teori tetapi telah menjadi fakta yang terjadi di Hongkong dan Belgia dimana kucing terkena Corona yang ditularkan oleh pemiliknya. Sehingga bagi anda yang sedang sakit akibat penyakit menular sebaiknya jangan dekat – dekat dulu ya dengan kucing anda.

Penyebab Kucing Batuk

Selain disebabkan oleh serangan virus, ada beberapa hal lain yang dapat menjadi penyebab kucing batuk, diantaranya adalah :

    1. Bulu Rontok
      Mungkin anda bingung, apa sih hubungannya bulu rontok dengan batuk. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kucing mempunyai kebiasaan menjilat – jilat tubuhnya. Jika bulunya rontok makanya rontokan bulu tersebut akan tertelan. Jika jumlahnya banyak maka bulu ini akan menyumbat di tenggorokan sehingga akhirnya ia batuk – batuk untuk mencoba mengeluarkan bulu tersebut.
    2. Cacingan
      Cacing merupakan salah satu parasit yang sering menyerang kucing. Batuk merupakan salah satu gejala awal dari serangan cacing. Jika dibiarkan tubuh kucing akan terus mengurus dikarenakan nutrisi yang ada ditubuhnya diambil oleh cacing yang ada di dalam tubuhnya.
    3. Penyakit pada paru-paru
      Beberapa penyakit yang ada paru – paru akan menyebabkan kucing batuk. Diantaranya adalah paru – paru basah, asma dan kanker. Oleh karena itu saat kucing anda batuk sebaiknya segera diperiksakan ke dokter hewan sehingga dapat didiagnosis dengan tepat apa penyakitnya.

Cara Mengobati

Untuk mengobati kucing yang terserang batuk maka sebaiknya anda melihat gejala lainnya. Jika kucing anda batuknya tidak terlalu sering dan ia mengeluarkan hair ball. Kemungkinan besar ia batuk dikarenakan bulunya yang rontok. Untuk mengobati hal tersebut anda perlu mengetahui penyebab bulu rontok yang terjadi hewan peliharaan anda ini. Beberapa hal yang menjadi penyebab bulu rontok pada kucing diantaranya adalah shampo atau makanan yang tidak cocok, kucing mengalami stress dan pengaruh suhu yang terlalu panas / dingin.

Sedangkan, apabila kucing anda batuknya disertai dengan pilek dan keluarnya kotoran mata yang berlebihan (belekan). Hampir bisa dipastikan kucing anda sakit akibat flu, sebaiknya anda membawanya kedokter hewan. Oleh dokter hewan biasanya, kucing akan diberi obat batuk untuk meringankan gejala serta diberi antibiotik yang digunakan untuk mencegah infeksi sekunder.

Batuk yang disebabkan oleh penyakit pada paru – paru dan cacing biasanya akan terjadi secara terus-menerus dan tidak disertai dengan pilek. Selain itu nafas kucing akan terengah – engah yang menandakan ia kesulitan bernafas. Jika hal ini yang terjadi pada peliharaan anda, segeralah bawa kedokter hewan karena masalah ini cukup serius. Bila tidak diobati segera, tidak jarang kucing dapat mengalami kematian.

Leave a Reply