Ciri – Ciri Tanaman Euphorbia yang Wajib Diketahui

Tanaman euphorbiaTanaman yang berasal dari Madagaskar bertajuk euphorbia ini sangat populer sekali di Indonesia belakangan. Tanaman ini hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk menjadi primadona di kalangan penggemar tanaman hias. Bukan hanya variasi jenisnya saja yang bermacam-macam, namun penampilan wujud tanaman hias yang unik dan indah tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri.

Meski sudah terbilang cukup populer, masih banyak sekali masyarakat awam yang belum mengetahui keberadaan bunga hias ini. Nah untuk memudahkan Anda mengenalinya tak ada salahnya untuk menyimak ciri-ciri tanaman euphorbia dibawah ini. Simak baik-baik ya.

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Euphorbia

1. Batang yang Berduri

Untuk mengetahui ciri khas tanaman euphorbia sangatlah mudah, umumnya jenis tanaman ini memiliki batang yang diselimuti oleh duri yang lumayan tajam. Ada banyak sekali duri yang bersarang dibatangnya, mulai dari duri tunggal, duri ganda hingga duri-duri yang membentuk kelompok. Tak hanya tajam duri-duri tersebut juga berukuran panjang dengan tekstur yang terbilang cukup tebal.

2. Memiliki Daun Berwarna Hijau

Nah tanda tanaman euphorbia selanjutnya bisa ditilik melalui bentuk serta warna daunnya. Lazimnya bunga hias ini memiliki warna daun yang berwarna hijau dengan panjang 3 hingga 8 cm. Meski dalam beberapa kondisi tanaman ini mampu menumbuhkan warna daun yang berwarna merah, namun secara umum bentuk daunnya juga bervariasi.
Ada yang berbentuk simetris dengan ujung lancip, lurus dengan ujung yang lancip pula hingga berbentuk oval yang berujung dengan bentuk lancip. Tanaman hias ini bisa dikatakan indah apabila mampu tumbuh dengan batang yang perkasa serta bunga yang lebat sehingga nampak bertumpuk dan rimbun.

3. Tidak Mampu Tumbuh Ditempat yang Tergenang Air

Berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya yang membutuhkan media yang lembab untuk mendukung tumbuh kembangnya. Justru pada bunga jenis ini tak mampu tumbuh ditempat yang terlalu lembab dan tempat-tempat yang tergenang air lainnya.

Pasalnya keadaan media yang lembab dan berair mampu mendukung akar tanaman menjadi cepat membusuk sehingga pertumbuhan akan menjadi terhambat. Maka dari itu supaya media tanam yang Anda terapkan sesuai padukan beberapa bahan diantaranya adalah sekam bakar, pasir malang, serabut kepala serta sedikit pupuk kandang.

4. Membutuhkan Sinar Matahari Yang Banyak

Jenis tanaman hias yang satu ini memang membutuhkan pencahayaan sinar matahari yang berlebih guna mendukung tumbuh kembangnya menjadi maksimal. Oleh karenanya letakkan bunga euphorbia ini pada posisi-posisi yang terkena paparan sinar matahari yang cukup.

Nah itulah beberapa tanda khusus tanaman euphorbia yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat serta membantu Anda untuk mengetahui tanaman euphorbia secara mendetail dan khusus. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply