Jenis Anthurium Paling Populer di 2020

Anthurium menjadi salah satu tanaman hias yang sedang populer di tahun 2020 ini. Naiknya berbagai jenis anthurium, salah satunya disebabkan karena adanya pandemi Covid-19. Banyak orang yang menghabiskan waktunya dirumah sehingga, agar kegiatan dirumahnya bisa bermanfaat maka mereka menanam berbagai tanaman hias.

Anthurium dikenal memiliki bentuk daun yang eksotis dan berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. Anthurium merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Latin yang beriklim tropis, sehingga tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Araceae, sehingga ia masih berkerabat dekat dengan Philodendron, Keladi dan Alokasia.

Jenis Anthurium

Menurut International Aroid Society, Jenis Anthurium yang tersebar di seluruh dunia ada sekitar 800 spesies. Diduga masih banyak spesies anthurium lain yang berada di Amerika Latin yang belum teridentifikasi sehingga membuat banyak ahli biologi yang berusaha memburunya di habitat asli mereka. Banyaknya jenis anthurium yang ada di dunia, membuatnya variasi bentuk tanaman ini juga beragam. Tampilannya yang beragam ini membaut para penyuka tanaman hias mendapat banyak pilihan ketika ingin memelihara tanaman ini dirumahnya.

Secara umum, tanaman anthurium dapat di bagi menjadi dua kelompok yaitu anthurium daun (foliage anthurium) dan juga anthrium bunga (flowering anthurium). Salah satu jenis Anthurium daun yang telah banyak dipelihara di Indonesia sejak puluhan tahun lalu adalah Anthurium crystalinum yang lebih dikenal dengan sebutan kuping gajah. Selain kuping gajah, ada juga anthurium gelombang cinta yang harganya pernah mencapai ratusan juta rupiah.

Sedangkan contoh anthurium bunga adalah Anthurium adreanum, spesies ini memiliki bunga yang penuh dengan warna. Bentuk bunga dari tanaman ini begitu unik dan menarik sehingga banyak yang menyukainya. Bunga bentuknya menyerupai hati, dengan beragam warna mulai dari merah, biru, kuning, hijau dan lain sebagainya. Beberapa jenis Anthurium yang paling populer di tahun 2020 akan saya coba ulas pada artikel berikut ini.

Anthurium Pedatoradiatum

Anthurium PedatoradiatumJenis tanaman anthurium ini memiliki keunikan dari bentuk daunnya yang mirip seperti jari manusia. Bentuknya  yang unik ini membuatnya banyak  diinginkan oleh para pecinta  tanaman hias untuk menambah  koleksi tanaman mereka. Tanaman ini cocok ditanam di  dalam ataupun diluar ruangan. Anda dapat menaruhnya di  pot yang memanjang untuk diletakkan di meja kerja anda.

Anthurium Regale X Magnificum

Anthurium Regale X MagnificumSesuai namanya, tanaman ini merupakan hasil persilangan Anthurium regale dengan magnificum. Sepintas penampilan fisik daun tanaman ini mirip seperti kuping gajah. Perbedaanya terlihat pada ukuran daunnya yang sangat besar, panjang daun tanaman ini dapat mencapai 80 cm. Besarnya daun tanaman ini membuat ia terlihat sangat eksotif jika dijadikan tanaman hias outdoor. Perawatan tanaman ini juga sangat mudah, ia tahan terhadap berbagai cekaman lingkungan seperti kekeringan dan intensitas sinar matahari yang tinggi.

Anthurium Veitchii

Anthurium VeitchiiJenis anthurium satu ini sedang sangat populer di Indonesia, banyak pecinta tanaman hias berlomba-lomba memilikinya. Ia memang memiliki bentuk daun yang sangat unik,daunnya berukuran sangat panjang dan sangat bergelombang sehingga terlihat sangat artistik. Gelombang yang terdapat di seluruh daun tanaman ini berpola beraturan yang membuatnya begitu mengagumkan. Daun tanaman ini begitu lonjong, yang berpotensi untuk tumbuh hingga sepanjang 1 meter.

Anthurium Giganteum X Radicans

Anthurium Giganteum X RadicansJenis anthurium satu ini secara morfologi mirip perpaduan antara daun tanaman sirih dengan batang keladi hias. Daunnya yang berwarna hijau tua terlihat sangat ekostik dengan urat daun berukuran kecil tetapi terlihat jelas. Tanaman ini termasuk kedalam spesies hibrid baru yang masih belum banyak dimiliki orang. Karena keindahan daun yang dimiliki tanaman ini, membuatnya memiliki nama yang tersohor di tahun 2020 ini.

Anthurium Adreanum Variegata

Anthurium adreanum VariegataSaat ini, jenis tanaman anthurium ini memiliki harga yang paling mahal. Bentuk bunganya yang sangat unik menjadi penyebabnya, bunganya terlihat memiliki warna dasar putih dengan sedikit corak berwarna hijau dan merah di kedua bagian ujungnya. Tanaman ini merupakan hasil dari mutasi yang menjadikan adanya perubahan fisik bunga. Mutasi ini jarang sekali terjadi pada tanaman, sehingga jumlahnya sangat terbatas. Anthurium adreanum yang mengalami Variegata ini dibanderol dengan harga lebih dari 5 juta rupiah per bibitnya.