Jenis Tanaman Hias Philodendron Yang Bisa Anda Koleksi

Philodendron telah berabad abad digunakan sebagai tanaman hias rumah. Terdapat 200 jenis philodendron yang telah teridentifikasi, tetapi tidak semuanya dijadikan sebagai tanaman hias daun. Mayoritas tanaman ini masih sebagai tanaman liar di hutan tropis.

Saat ini Philodendron begitu populer di Indonesia, banyak sekali para pecinta tanaman hias yang memburunya. Bahkan harga tanaman ini menjadi naik sangat drastis, hingga mencapai jutaan rupiah. Berbondong-bondong orang ingin membeli tanaman ini. Kepopulerannya membuatnya menjadi pemuncak jenis tanaman hias yang mahal di tahun 2020 ini.

Jenis Tanaman Hias Philodendron

Seperti yang telah saya tulis diatas ada 200 spesies philodendron. Dari 200 jenis tersebut, sekitar 13 spesies yang sering dijadikan tanaman hias di Indonesia, yaitu :

Philodendron Burgundy

Philodendron BurgundyJenis philodendron ini memiliki variasi warna daun hijau ataupun ungu kehitaman berbentuk jantung dengan sedikit corak berwarna pink. Awalnya tanaman ini tumbuh sebagai philo tipe tegak, tetapi seiring pertambahan umur (setelah berumur 2 tahun) batang mulai  merambat. Tanaman ini lumayan langka dan cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias saat ini.

Kelangkaan tanaman ini membuatnya menjadi sangat mahal. Untuk satu pohon dewasa harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Walau  begitu, bukan berarti dengan memiliki uang kita dapat dengan mudah mendapatkannya. Jarang sekali ada kolektor yang mau  menjual tanaman ini. Jikalaupun ada,  biasanya adalah yang jenisnya tidak memiliki corak warna pink pada daunnya. Varietas yang seperti itu harganya jauh lebih murah karena kurang menarik.

Philodendron Eceng

Philodendron EcengBentuk tangkai daun tanaman ini menyerupai eceng gondok, yakni mengembung seperti paha katak. Bagian ini menjadi daya tarik utama dari tanaman hias ini. Semakin gemuk tangkai daunnya, semakin tinggi harga jualnya. Daun philo eceng berwarna hijau mengkilap dengan bentuk meruncing, melebar atau bergelombang.

Philo Kongo

Philo KongoJenis tanaman hias ini termasuk tipe tegak dengan daun berbentuk oval, kaku dan meruncing. Tanaman Hias Philodendron ini mempunyai tiga ragam warna, yaitu hijau (green congo), kemerahan (red congo) dan ungu kehitaman (black congo). Jenis ini relatif kurang populer di Indonesia, mungkin karena bentuk daunnya yang terlalu sempit sehingga dianggap kurang indah.

Philodendron Moonlight

Philodendron MoonlightDaun berbentuk oval dan ujungnya meruncing, serta permukaan haus mengilap. Daun muda philo moonlight berwarna kuning lembut seperti cahaya bulan. Ukuran daunnya yang tidak begitu besar membuatnya sangat cocok dijadikan tanaman penghias meja kantor anda. Tanaman ini bisa dengan baik hidup secara outdoor di ruangan ber AC.

Black Emerald

Black EmeraldTangkai daun panjang sehingga membentuk roset yang kompak. Warna daun mengalami perubahan seiring pertumbuhannya. Saat muda daun berwarna kemerahan dan setelah tua menjadi ungu kehitaman. Warna hitam dianggap sebagai warna mistis bagi sebagian rakyat Indonesia sehingga tanaman ini menjadi begitu di buru oleh para hobiest. Akibatnya harga Philodendron Black Emerald di tahun 2020 ini menjadi sangat mahal. Satu tanaman indukan harganya bisa mencapai jutaan rupiah tergantung dari kerimbunan daun yang ada.

Philodendron Emerald Green

Philodendron Emerald GreenJenis philodendron ini termasuk tipe merambat yang ditanam sebagai tanaman hias gantung ataupun rambat. Daun berwarna kuning cerah dan berbentuk oval memanjang. Merupakan tipe yang banyak tumbuh liar, sehingga kurang begitu populer di kalangan pecinta tanaman hias Indonesia.

Philodendron Garuda

Philodendron GarudaDaun muda (masih kuncup) berwarna kemerahan dan perlahan menjadi hijau setelah dewasa. Daun berbentuk jantung dan meruncing di ujungnya dengan tepi bergelombang.

Philodendron Marble

Philodendron MarbleSekilas tanaman hias ini mirip dengan talas. Namun bila melihat tangkai daunnya yang kuat dan adanya akar udara di batagnya. Anda bisa memastikan bahwa tanaman tersebut adalah philo marble.

Philodendron Marble Variegata

Philodendron Marble VariegataSecara fisik, Philo marble variegata sama seperti philo marbel. Namun, warna daunnya telah  mengalami perubahan (belang belang), sehingga menghasilkan sosok yang unik.

Philodendron Selloum

Philodendron SelloumJenis tanaman hias ini sering digunakan sebagai pelengkap rangkaian bunga. Tanaman ini termasuk jenis tanaman indoor yang sering di tanam di pinggiran teras. Helaian daun berbentuk menjadi dan bergelombang.

Philodendron Madame de Syurga

Philodendron Madame de SyurgaDaun muda berwarna jingga dan menjadi hijau setelah tua. Bentuk daun menyerupai tanaman Black Cardinal.

Philodendron Pisang

Philodendron PisangJenis ini termasuk yang langka atau jarang dimiliki oleh pecinta tanaman hias. Daun berwarna hijau dan berbentuk oval memanjang (menyerupai daun pisang) dengan tangkai yang relatif panjang.

Philodendron Pig Skin

Philodendron Pig SkinBentuk daun agak membulat dan berwarna hjau cerah. Berbeda dengan Tanaman Philodendron pada umumnya, jenis ini memiliki permukaan daun yang bergurat kasar seperti kulit babi dan daging daun yang tebal.