Cara Menanam Euphorbia yang Baik dan Benar

Tanaman euphorbiaEuphorbia merupakan jenis tanaman hias yang memiliki perawatan yang mudah serta mampu dibudidayakan pada daerah tandus maupun daerah yang beriklim dingin.

Meski demikian jangan coba-coba menanam bunga euphorbia di daerah-daerah yang tergenang air guna meminimalisir pembusukan yang terjadi pada akarnya. Nah supaya tanaman euphorbia yang Anda tanam mampu tumbuh dengan sempurna, tak ada salahnya untuk menerapkan cara menanam euphorbia seperti dibawah ini.

Langkah-Langkah Menanam Euphorbia yang Baik dan Benar

1. Pembibitan

Cara menanam euphorbia secara baik dan benar yang pertama kali adalah dengan pembenihan. Nah untuk mendapatkan benih ini Anda bisa mendapatkannya dengan dua cara yaitu secara generative dan melalui metode stek. Untuk cara generatif sendiri bisa Anda dapatkan melalui buah euphorbia yang sudah berumur.

Nantinya benih euphorbia akan muncul dengan sendirinya ketika buah sudah berubah warna menjadi coklat. Nah saat itulah buah euphorbia tersebut bisa dijadikan bibit untuk ditanam. Selain cara diatas, Anda juga bisa mendapatkan bibit euphorbia melalui metode stek yang bisa dilakukan lewat batangnya.

2. Penanaman

Penanaman merupakan langkah menanam euphorbia selainjutnya yang harus Anda lakukan. Gunakanlah pot untuk menanam tanaman hias ini guna memudahkan Anda ketika hendak memindahkan euphorbia di ruangan-ruangan tertentu. Kemudian lanjutkan dengan mengisi pot menggunakan media tanam tanah porous tanpa perlu dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya.

Pastikan pot yang Anda gunakan untuk menanam tak terisi tanah dengan penuh, cukup isi pot dengan tanah setengahnya saja. Meski nantinya euphorbia dapat tumbuh mencapai ukuran yang besar, pada tahapan penanaman ini hindari penggunaan pot yang berukuran terlalu besar. Nanti jikalau euphorbia yang Anda kembangkan sudah tumbuh besar bisa Anda ganti potnya saja.

3. Perawatan

Euphorbia merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki perawatan tak terlalu sulit bahkan cenderung mudah sekali. Anda cukup menempatkannya pada posisi-posisi yang terkena paparan sinar matahari secara penuh saja, sebab jenis tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Meskipun membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk pertumbuhannya, jangan memberinya banyak-banyak air. Selain membuat media lembab hal ini juga mampu mengurangi pembusukan yang sering terjadi pada akar saat proses pertumbuhan berlangaung. Nah biasanya jikalau cara menanam euphorbia diatas dilakukan dengan benar, tanaman ini mampu tumbuh subur dengan sendirinya.

Bagaimana mudah kan tutorial menanam euphorbia diatas? Itulah tadi beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui dan dilakukan ketika hendak menanam sebuah tanaman euphorbia sebagai tanaman hias dirumah. Mengingat jenisnya yang bervariasi diukung dengan perawatan yang mudah tak heran jikalau tanaman hias ini memiliki banyak sekali penggemar. Semoga bermanfat, terima kasih.

Leave a Reply