Penanganan Pasca Panen Jambu Biji

jambu bijiKegiatan penaganan pasca panen jambu biji merupakan upaya untuk mempertahankan kualitas produksi. penagangan pasca panen buah jambu biji meliputi pengumpulan, pemilihan (sorting), pemisahan berdasarkan umur (sizing), pemilihan berdasarkan mutu (grading), penyimpanan, kemudian pengemasan dan pengangkutan.

  1. Pengumpulan
    Setelah dilakukan pemanenan, buah jambu biji dikumulkan tidak jauhdari lokasi pohon hingga selesai pemanenan secara keseluruhan. Hasil panen selanjutnya dimasukkan ke dalam keranjang dengan diberi dedaunan menuju ke tempat penampungan atau gudang penyimpanan sementara.
  2. Sortasi
    Pemilihan terhadap buah dilakukan untuk memisahkan buah-buah yang berbeda dalam hal tingkat kematangan, bentuk, warna dan tanda-tanda lainnya yang merugikan (cacat) seperti luka, lecet dan adanya infeksi penyakit atau luka akibat hama.
  3. Sizing
    Pengukuran buah dimaksudkan untuk memilah-milah buah berdasarkan ukuran, berat atau dimensi terhada buah-buah yang telah  disortir. Proses pengukuran buah dilakukan secara manual atau mekanik. Kalau pekerjaan ini dilakukan secara mekanik, maka persyaratan peralatan memiliki kapasitas yang tinggi, ketepatan dan tidak menyebabkan luka pada buah.
  4. Grading
    Pada tahap ini, buah jambu biji dipilah-pilah berdasarkan tingkatan kualitas pasar (grade). Tingkatan kualitas yang dimaksud adalah kualitas yang telah ditetapkan sebagai patokan penilaian ataupun ditetapkan sendiri oleh produsen.
  5. Penyimpanan
    Penyimpanan hasil panen jambu biji biasanya tidak bisa terlalu lama karena cepat busuk. Sementara belum dapat dijual ke pasar, buah ditampung terlebih dahulu dalam gubuk-gubuk atau gudang dengan menggunakan kantong PE, kondisi suhu sekitar 23-25ºC sehingga dapat bertahan hingga 15 hari dalam kantong PE dan ditambah 7 hari setelah dikeluarkan dari kantong PE. Umur segar jambu biji antara 3-4 minggu bila kondisi penyimpanan bersuhu 10-12ºC dan kelembapan 90%. Kondisi paling ekstrim yang masih memberikan pengaruh baik dari penyimpanan jambu biji adalah suhu 7,5ºC dengan kelembapan 85-90%. Dimana ia bisa bertahan sekitar 1 bulan setelah panen.
  6. Pengemasan dan Pengangkutan
    Buah jambu biji dipak dngan menggunakan peti persegi yang ukurannya sekitar 60 x 28,5 x 28,5 cm. Buah jambu biji dipilih da disusun berderet membentuk sudut terhadap sisi peti, yang sebelumnya telah dialasi dengan sabut kelapa atau bahan halus dan lembut lainnya. Kemudian setelah penuh lapisan atas dilapisi lagi dengan sabut kelapa yang terakhir ditutup dengan papan.

Leave a Reply