Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Cara merawat mawarDiseluruh dunia, terdapat lebih dari 15.000 spesies tanaman mawar yang telah teridentifikasi. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, manusia berusaha menyilangkan dan melakukan rekayasa genetik terhadap spesies bunga mawar yang telah ada. Hasilnya saat ini bunga mawar memiliki keberagaman warna yang jauh lebih banyak dibandingkan 10 tahun lalu, diantaranya ada yang berwarna biru, pink, kuning, putih, ungu dan hitam.

Memiliki bunga mawar yang cepat berbunga merupakan keinginan setiap pemilik tanaman hias ini. Hal ini karena tanaman mawar titik keindahannya ada pada bunganya. Ada 3 hal yang perlu anda perhatikan agar bunga mawar anda cepat berbunga yaitu :

Penyinaran yang cukup

Tanaman mawar termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, peletakan tanaman mawar sebaiknya dilakukan di lokasi yang bisa menadpat cahaya langsung, terutama cahaya matahari pagi.

Menanam mawar di media pot memudahkan perawatan tanaman ini. Apabila ditanam di media pot yang diletakkan di dalam ruangan atau di bawah atap, keluarkanlah pot pot tersebut saat pagi hari dan memasukannya kembali menjelang siang hari. Semakin mudah tanaman tersebut mendapat sinar matahari pagi, maka tanaman mawar itu akan semakin cepat berbunga.

Pemupukan yang tepat

Bunga mawar harus dipelihara dengan baik dan benar. Salah satu cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga adalah memberikan tanaman mawar tersebut dengan pupuk yang tepat secara berkala. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian pupuk tersebut juga berfungsi untuk merangsang tumbuhnya kelopak bunga.

Berikan pupuk NPK sesuai takaran yang tepat setiap sebulan sekali, dengan cara mencairkannya terlebih dahulu dengan air dan menyiramkannya pada tanah di sekeliling batang utama. Mengingat NPK adalah pupuk kimia (anorganik), pemberian dosis yang terlalu berlebihan justru akan berakibat perubahan sifat pupuk tersebut menjadi racun yang bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Pangkas secara berkala

Kebanyakan pemiik tanaman hias merasa sayang untuk memangkas ranting tanaman miliknya. Padahal dengan memangkasnya secara berkala akan membuat munculnya ranting baru yang akan tumbuh lebih rimbun dari ranting sebelumnya. Dengan kata lain, dengan memangkas ranting secara berkala ini akan membuat tanaman ini tumbuh dengan rimbun serta untuk memicu tumbuhnya bakal bunga yang baru.

Proses pemangkasan yang paling baik dilakukan ketika pagi dan sore hari. Pada saat itu, matahari bersinar hangat sehingga memungkinkan tanaman untuk beradaptasi. Pangkaslah ranting ranting tanaman mawar yang telah tua, sakit dan tumbuh tidak teratur. Bila anda mendeteksi ada bagian tanaman mawar yang terinfeksi penyakit, segera pangkas bagian tersebut dan dibakar agar tidak menulari ke bagian tanaman lainnya.

Itulah 3 cara merawat bunga mawar yang perlu anda perhatikan agar mawar cepat berbunga. Semoga artikel ini bermanfaat.