Klasifikasi Wortel dan Pengelompokkan Berbagai Jenisnya

WortelWortel memiliki nama latin Daucus carota, ia dalam sistem klasifikasi terbaru dimasukkan ke dalam famili Umbellifirae. Ia merupakan tanaman yang berbentuk perdu dan tumbuh dalam waktu semusim, waktu hidup tanaman ini berkisar antara 70 – 120 hari. Setelah itu, ia akan melayukan daun dan batangnya sehingga hanya tersisa umbinya saja. Kemudian, selang beberapa waktu kemudian tunas akan kembali muncul dari umbi akar yang ada ditanah sehingga sebuah tanaman baru akan muncul.

Tingkah laku wortel yang seperti itu sebenarnya merupakan adaptasi di habitat aslinya yang beriklim sedang. Wortel merupakan tanaman yang berasal dari Asia Timur dan disana memiliki 4 musim iklim. Pada saat memasuki musim dingin, wortel akan menggugurkan daun dan batangnya yang kemudian memasuki ke dalam fase dorman. Hal itu dilakukan tanaman ini agar mampu menghadapi kerasnya musim dingin, karena pada saat itu suhunya yang bisa mencapai dibawah titik beku sehingga untuk tanaman ini akan kesulitan untuk mendapatkan air dan unsur hara yang dibutuhkannya. Barulah ketika memasuki musim semi, tunas baru akan muncul dari umbi akarnya sehingga tananaman wortel dapat tetap hidup melewati musim dingin.

Klasifikasi Wortel

Dalam taksonomi tumbuhan, klasifikasi tanaman wortel adalah sebagai berikut :

Divisi : Spermatophuta
Subdivisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Umbelliferales
Famili : Umbellifirae
Genus : Daucus
Spesies : Daucus carota

Famili Umbelliferae peratama kali diusulkan oleh John Lindley pada tahun 1836. Anggota dari famili ini dicirikan dari bunganya yang majemuk dan berbentuk seperti payung (Umbrella). Anggota dari famili ini cukup banyak dan banyak yang memiliki manfaat bagi manusia, diantaranya wortel, seledri, jintan, jintan hitam dan adas manis.

Pengelompokkan Wortel

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa umbi akar yang dimiliki tanaman ini merupakan salah satu cara perkembangbiakan vegetatif wortel. Menurut Cahyono (2006), berbagai jenis tanaman wortel yang ada di dunia dapat dikelompokkan menjadi 3. Pengelompokkan wortel ini didasarkan dari bentuk umbi akarnya, yaitu Imperator, Chantenay dan Nantes.

Imperator
Wortel yang dikategorikan memiliki tipe imperator adalah apabila umbi akarnya berbentuk bulat panjang dengan panjang sekitar 20-30 cm. Umbi akar tipe imperator ini selain panjang pada ujungnya juga meruncing sehingga bentuk ujungnya menyerupai kerucut. Kelompok wortel imperator ini memiliki rasa yang kurang manis sehingga kurang disukai oleh masyarakat.

Chantenay
Wortel yang dikategorikan memiliki tipe Chantenay adalah yang bentuknya bulat panjang dengan ujung tumpul. Biasanya jenis yang dimasukkan ke dalam kategori ini, umbi akarnya memiliki panjang sekitar 15-20. Selain itu wortel tipe Chantenay memiliki rasa yang manis sehingga disukai oleh masyarakat.

Nantes
Wortel yang dikelompokkan bertipe nantes bentuk umbi akarnya bulat dan pada bagian ujung bawahnya agak meruncing. Tipe ini dianggap peralihan dari tipe nantes dan Imperator, panjang umbi akarnya bervariasi dari 5 cm hingga 5 cm. Wortel yang dimasukkan ke dalam tipe Nantes ini ada yang memiliki rasa yang manis tetapi ada juga yang tidak.

Leave a Reply