Pengolahan Hasil Panen Jambu Biji

jambu bijiUntuk mendapatkan keuntungan yang maksimal diperlukan pengolahan hasil panen jambu biji. Buah jambu biji dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang mempunyai cita rasa dan aroma tersendiri. Beberapa olahan buah jambu biji diantaranya :

  1. Puree
    Siapkan bahan yang terdiri atas 2 buah jambu biji merah, pastikan yang sudah matang. Kemudian kupas kulitnya dan buang bijinya. Cara membuatnya, karena daging jambu biji empuk jadi langsung diblender lalu disaring untuk memastikan bijinya tidak tercampur. Puree jambu biji siap dikonsumsi dengan tambahan ASI atau susu formula.
  2. Teh
    Daun jambu biji dapat dikonsumsi sebagai minuman seperti halnya teh yang terbuat dari daun teh. Oleh karena itu, produknya dinamakan teh daun jambu biji. Teh daun jambu biji dibuat denga cara mengeringkan daun yang telah layu menggunakan oven pada suhu tertentu selama waktu tertentu pula. Teh yang dihasilkan masih mengandug berbagai zat yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia.
  3. Dodol
    Siapkan bahan yang terdiri atas buah jambu biji 1,5 kg, gula pasir 600 gram dan asam sitrat 1,5 gram. Cara membuatnya, bersihkan buah jambu biji kemudian dikupas kulitnya. Pisahkan daging buah dari bijinya, lalu hancurkan daging buah hingga menjadi bubur. Masukkan gula pasir dan asam sitrat, kemudian masak di atas api sedang. Aduk-aduk hingga mengental selama 30 menit, lalu dinginkan. Potong dodol kecil-kecil sesuai dengan selera, kemudian kemas dengan plastik.
  4. Sirop
    Siapkan bahan yang terdiri atas buah jambu biji yang sudah masak sebanyak 2 kg, gula pasir 1 kg, air 1 liter dan asam sitrun 1/2 sendok kecil. Cara membuatnya, kupas buah jambu, kemudian dibelah menjadi dua lalu ambil bagian dalamnya dengan sendok. Masak bagian dalam jambu tersebut dengan sedikit air sampai lunak, jika sudah tekan atau peras dan disaring agar isinya bisa dibuang. Bersihkan daging jambu dan campurkan dengan bagian dalam yang telah dibersihkan dari isinya, setelah itu diblender sampai halus. Masak gula pasir dengan air sampai mendidih. Masukkan hasil blenderan jambu biji ke dalam larutan gula tersebut, kemudian diaduk dan dimasak bersamaan selama kurang lebih 15 menit. Aduk – aduk sampai merata kemudian angkat dan dinginkan. Setelah dingin berikan asam sitrun dan diaduk kembali. Masukkan ke dalam beberapa botol yang bersih. Sayangnya jika dibuat sirup sebagian besar kandungan gizi jambu biji akan hilang.
  5. Manisan
    Siapkan bahan terdiri atas buah jambu biji yang masih muda 500 gram, gula pasir 300 gram, air untuk rendaman 400 ml, air matang 100 ml, garam 1/2 sendok teh, bubuk kapur sirih 1 sendok teh, kayu manis 10 cm dan sirup vanili secukupnya. Cara membuatnya, bersihkan jambu biji dengan menggunakan air yang mengalir kemudian potong memanjang atau sesuai dengan selera. Rendam potongan buah jambu biji tadi di dalam air yang telah diberi bubuk kapur sirih selama kurang lebih semalam penuh. Setelah itu, masak sirop manisan dengan memasak gula pasir bersama dengan air, garam dan juga kayu manis. Masak hingga terlihat mengental. Angkat kemudian saring. Selanjutnya, masukkan jambu biji yang telah direndam kapur sirih tadi ke dalam sirop manisan sambil dipanaskan di api sedang kurang lebih 5 menit. Seelah itu, angkat manisan jambu biji lalu disajikan.

Leave a Reply